RESEP Banana Cake Anti Gagal



Resep ini magic banget buat saya. Soalnya dari semua resep banana cake atau banana bread yang pernah saya coba, yang satu ini selalu berhasil, nggak pernah gagal. Bahan-bahannya pun gampang banget didapat. Kalau ada bahan yang nggak ada, bisa diganti dengan bahan lain, dan ajaibnya, tetap berhasil jadi banana cake yang lezat. 

Anak-anak pun bisa mengerjakan resep ini. Mereka bisa menakar bahan dan mencampur, sementara Emaknya tinggal bantuin masukin adonan ke oven. Alat untuk membuat kue ini juga nggak aneh-aneh, bahkan nggak perlu mikser, cukup diaduk biasa. Cuma perlu oven aja sih. Saya pakai oven listrik kecil merk Kirin. Kurang dari satu jam, kami bisa bikin tea party di teras belakang :)






BAHAN
3 ripe bananas
1 1/2 cups self-raising flour
1 cup caster sugar
1 egg
1/3 cup butter
1 tsp vanilla
1 pinch salt



Kalau kulakan resep, saya lebih suka yang takarannya menggunakan cup, karena nggak perlu ribet nimbang bahan. Penakar cup ini bisa dibeli di toko alat-alat dapur, biasanya dijual per set mulai dari 1 cup, 1/2 cup, 2/3 cup, 1/4 cup.

Pisangnya saya pakai sunpride yang banyak dijual di supermarket. Pilih yang sudah matang banget dan mulai kehitaman. Untuk tepung self-raising saya pakai merk Haan. Kalau nggak nemu tepung self-raising, bisa pakai tepung terigu biasa ditambah 1 sendok teh baking powder, lalu diayak agar campurannya tidak menggumpal. Saya sering gagal di pengayakan ini, jadi lebih suka memakai self-raising flour yang dijamin mengembang tanpa menggumpal :D


Karena nggak punya mentega, saya pakai margarin. Kalau terpaksanya nggak punya mentega/margarin, pakai minyak goreng pun bisa juga. Saya pernah pakai minyak dan hasilnya tetap enak dan moist. Tapi tetap paling enak kalau pakai mentega ya. Gulanya paling bagus kalau pakai caster sugar alias gula halus. Biasanya saya lebih suka pakai brown sugar, manisnya lebih mantap dan saya suka aromanya. Tapi kalau pas nggak punya gula halus maupun gula cokelat, gula pasir biasa pun okelah. Nanti memang nggak meleleh sempurna gulanya, kadang masih nemu butir-butir gula krenyes-krenyes, hehe. 


 




Cara membuat:
1. Panaskan oven
2. Olesi loyang untuk loaf dengan mentega/margarin

3. Lelehkan mentega
4. Hancurkan pisang (kerok dg sendok)
5. Campur semua bahan jadi satu. Aduk pakai pengaduk/spatula biasa.
6. Tuang ke loyang
7. Panggang dalam oven 170 c selama 35 menit.


 
Gampang banget kan? Gak perlu dibahas sih ini. Yang nggak pernah baking kayak saya aja pasti berhasil, hahaha. Pas aduk-aduk malah jangan terlalu halus ya campurannya, biar nanti hasilnya masih ada teksturnya. Untuk mengecek apakah cake sudah matang, tusukkan tusuk sate ke tengah cake, lalu tarik. Kalau tusuk satenya mulus nggak ada adonan yang lengket/menempel, artinya dalaman kue sudah matang.


Tunggu sebentar sampai agak dingin, baru diiris dan disajikan. Cocok banget untuk teman minum teh sore.


 
Selamat mencoba ya. Semoga berhasil.

~ A.K.

Twitter: @adekumala
Instagram: @adekumala
Facebook: www.fb.com/adekumalasari

Comments

Popular Posts