ICIP-ICIP KULIAH


Sejak kelas 7 (kelas 1 SMP), Big A sudah gelisah memikirkan pengen ambil jurusan apa saat kuliah nanti. Pertama, dia ingin kuliah Sastra Inggris. Gara-garanya, dia nge-fans sama JRR Tolkien dan pengen menulis skripsi tentang karya Tolkien. Tidak cuma pengen kuliah sastra Inggris, dia pengen kuliahnya di Oxford! Emaknya garuk-garuk kepala.

Kemudian dia mulai tertarik belajar Filsafat. Bapaknya yang mulai ketar-ketir. Kami yakin dia akan menjadi mahasiswa Filsafat yang sukses. Tapi setelah itu mau ngapain? Di Indonesia, keahlian di bidang ilmu ini kurang dihargai. Lalu Big A malah jadi tertarik belajar Perbandingan Agama. Waduh, berat Nak, beraaaat.
Sampai sekarang, "kuliah jurusan apa" masih menjadi topik diskusi yang hangat di meja makan kami. Saya ingin Big A tetap membuka peluang seluas-luasnya untuk pilihan jurusan. Saya ingin dia mendapat informasi sebanyak-banyaknya. Kami banyak berdiskusi tentang berbagai topik, mulai dari agama sampai ekonomi, mulai dari sejarah manusia sampai matematika. Saya bujuk dia untuk melihat video "introduction to [insert science or social science here]" di Khan Academy. Kemudian dia sendiri jadi keasyikan nonton "Crash Course" di Youtube yang mempelajari banyak hal, mulai Big Bang sampai sejarah dunia.

Minggu ini saya ajak dia mendaftar kuliah online di Coursera. Mata kuliah Computer Science 101 ini diampu profesor dari Stanford Uni. Kuliahnya 6 minggu, tiap minggu ada 4-5 video yang perlu ditonton, plus beberapa latihan. Hitung-hitung icip-icip jadi mahasiswa Stanford, gratis :D

Moga-moga Big A nggak salah jalan kayak Emaknya, atau kesasar kayak Bapaknya yang perlu 3 kali ikut ujian masuk perguruan tinggi ;)
‪#‎learningissexy‬

Ps: yang tertarik ikutan kuliah Computer Science 101 secara online dan gratis, bisa cek di sini => https://www.coursera.org/course/cs101

~ A.K.

Comments

Ano - N -ymous said…
Wah hebat ya sudah kuliah hihihi
Klo skrg udh ketemu mau kuliah jurusan apa/dimana?

Popular Posts