Pengalaman Diet Mayo: 13 Hari Turun 4,5 Kg Tanpa Olahraga

Menu makan siang hari ke-3 dan ke-10
Diet Mayo apaan sih? Tadinya saya percaya ini diet bikinan Mayo Clinic yang terkenal di US. Saya memang sudah tahu tentang Klinik Mayo dan punya buku panduannya untuk kesehatan keluarga. Tapi setelah saya telusuri lebih lanjut, ternyata Mayo Clinic sendiri tidak pernah membuat menu diet seperti ini. Apakah menu diet 13-hari yang beredar ini versi Indonesia-nya? Tidak tahu juga. Trus ngapain saya tetap mau ngejalanin diet yang 'gak jelas' ini?

Tentu saja karena kepepet. Belakangan ini rasanya saya semakin gendut aja. Badan rasanya lesu, gampang capek, dan susah konsentrasi. Tanda-tanda penuaan juga semakin muncul: uban tambah banyak! Yang lebih parah lagi, saya jadi nggak pede memasang foto-foto liburan di blog traveling saya karena kegendutan. Duh, kalau begini caranya, bisa hancur karier saya sebagai travel blogger :D 


Berat badan saya sebelum diet mencapai 56,8 kg. Ini sama dengan BB waktu hamil Little A. Mungkin ada yang nanya, "Haduh, berat segitu kok merasa gendut sih?" Bagi orang dengan tinggi badan 'normal' mungkin berat badan segitu masih normal dan baik-baik saja. Tapi nganu, saya kan tinggi badannya bahkan tidak mencapai 150 cm *ngumpet di pojokan* 



Salah satu cara untuk mengetahui apakah berat badan kita ideal adalah dengan menghitung BMI (Body Mass Index) atau istilah bahasa Indonesia IMT (Indeks Massa Tubuh). Rumus BMI = berat badan (kg) / (tinggi badan x tinggi badan (m)). Contoh: BB saya 56,8 kg, tinggi badan saya 1,49 m. BMI saya = 56,8 / (1,49 x 1,49) = 25,58.

BMI untuk berat badan ideal antara 18,5 sampai 25. Jadi ya saya memang di ambang kelebihan berat badan. Belum parah, tapi rasanya sudah nggak nyaman. Sebelum mencoba diet mayo ini, saya sudah rajin minum green smoothie (jus buah dan sayur) setiap pagi. Tapi belum ada efek menurunkan berat badan karena saya sering nggak teratur makan siang dan kadang makan junk food. Ada lagi kebiasaan buruk saya yang lain: seneng minum teh dalam kemasan yang manis banget itu. 

Balik lagi ke diet mayo, katanya diet ini bisa menurunkan berat badan kita dengan cara membuang kelebihan air dalam tubuh. Menu diet mayo tanpa garam, yang selama ini mengikat air dalam tubuh. Selain itu, kalori dalam menu diet mayo juga hanya sekitar 800-1200 KKal sementara sesuai berat badan, saya membutuhkan 1500 KKal setiap harinya. Gampang banget sih aturannya: kalau ingin menurunkan berat badan, asupan kalori harus lebih sedikit dari yang dibutuhkan. Kalau ingin menambah berat badan, lakukan sebaliknya, makanlah dengan kalori lebih dari yang dibutuhkan. 

Awalnya ngeri juga memutuskan mau menjalani diet ini, sudah membayangkan masakan hambar tanpa garam. Pernah terbersit juga apakah diet ini aman. Tapi setelah saya lihat menu diet mayo 13 hari yang banyak ditemukan dengan meng-google, bahan makanan yang disarankan tidak aneh-aneh, semua makanan biasa dan sehat, tanpa obat-obatan atau bahan kimia lain, semua juga dalam jumlah yang wajar. 

Setelah mantap memutuskan untuk diet mayo, saya berbelanja bahan-bahan untuk tiga hari pertama. Di google, ada dua versi menu diet ini, yang menggunakan kentang dan yang sama sekali tidak menggunakan kentang atau karbohidrat lain. Saya menggunakan menu kedua, karena lebih sesuai dengan prinsip food combining, karbohidrat jangan dicampur dengan protein hewani. Tidak ada menu dengan nasi dalam diet ini. Tapi saya nggak terlalu tergantung dengan nasi sih.

menu diet mayo yang saya dapat dari googling
Dua hari pertama berjalan dengan lancar. Saya malah senang karena menu makan saya sudah jelas, tidak perlu mikir lagi. Memasaknya pun lebih mudah. Rasanya memang lebih hambar karena tanpa garam, tapi lama-lama lidah saya jadi terbiasa merasakan rasa asli dari setiap bahan makanan. Saya lebih bisa merasakan pahit, manis, gurih dan segar. Acara makan saya menjadi lebih tenang, tidak tergesa-gesa. Saya perlu waktu 30 menit untuk mengunyah sayur-sayuran yang ada dalam menu. Saya juga jadi banyak minum air putih, setidaknya 2 liter sehari. Setiap pagi, saya mengisi dua botol kaca satu literan dengan air putih. Ketika sore hari dua botol tersebut sudah kosong, artinya saya sudah cukup banyak minum air. Setiap kali saya merasa lapar, saya minum air putih. Oh, iya, air putihnya jangan yang dingin ya, harus dalam suhu kamar. Kita harus berhenti makan sebelum jam 6 sore. Saya biasanya mulai 'makan malam' jam 5 sore.

Saya senang menjalani diet ini karena hasilnya langsung kelihatan. Dalam sehari, berat badan saya turun setengah kilo, sampai hari kelima. Setelah itu ada penurunan berat badan tapi cuma sedikit demi sedikit. Di akhir minggu pertama, ada tantangan berat karena ada undangan makan-makan keluarga, di restoran padang lagi, hahaha. Tapi saya nggak tergoda, tetap datang tanpa makan sama sekali, hanya minum air putih. Tabah banget ya, hahaha. Pokoknya niatnya dikuatin aja, jangan gampang tergoda kenikmatan sesaat :D Mengikuti diet ini juga harus ketat, tidak boleh curang (cheating) sedikit pun. Kalau sampai cheating, kita harus mengulang diet ini dari awal, hari pertama. Duh, kalau saya sih ogah banget mengulang, makanya bisa tahan sama godaan.

Di awal minggu kedua, saya merasa perut saya agak sebah (terasa penuh) karena tidak BAB (buang air besar) dalam dua hari. Memang dengan diet ini katanya semua makanan terserap, jadi jarang BAB. Tapi saya buang air kecil sering banget, 8-10 kali sehari.
 

Saya senang banget bisa sukses menjalani diet ini, dan berat badan saya bisa turun 4,5 kg dalam 13 hari. Sekarang berat badan saya 52,3 kg dengan BMI 23,55, sudah masuk dalam rentang normal. Ini belum dibarengi dengan olahraga sih. Tentu dengan tambahan olahraga, berat badan yang turun bisa lebih banyak lagi. Sayangnya saya tidak punya foto sebelum dan sesudah diet. Lagian gak enak ah pamer lekuk-lekuk tubuh, hehe. Yang jelas perut saya lebih rata sekarang, nggak kayak orang hamil :p

Ada yang kepengen nyoba diet mayo juga? Ini tip dari saya, good luck! Tip
1. Selalu bersyukur atas apapun menu yang dibelikan. Alhamdulillah masih boleh makan butter, meski yang unsalted, misalnya. 

2. Beli bahan-bahan terbaik, meski mahal. Saya menggunakan sayuran organik, buah premium, telur ayam kampung dan daging steak Australia (hahaha, kesempatan!). Modal dikit lah, cuma 13 hari kan. Masih lebih murah kok daripada pesan katering atau beli produk pelangsing.


3. Save the best for last
Dalam setiap menu pasti ada bonus kecilnya, yang enak dan manis. Biasanya saya makan dulu yang pahit atau tawar, kemudian yang manis enak belakangan: tomat ceri, buah pir, yoghurt, gajih steak *olalaa yummy*


Pengen tahu resep-resep menu diet mayo ala saya? Klik di sini.

Sarapan roti di hari ke-4 dan ke-11
Menu makan siang hari ke-2 dan ke-9
Menu makan siang hari ke-4 dan ke-11
*disclaimer: Tulisan ini bukan rekomendasi, hanya menceritakan pengalaman. Kalau mempunyai penyakit atau alergi bahan makanan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum melakukan diet.

~ A.K.
@adekumala

Comments

Siti Fauziyyah said…
Lumayan yah turun 4.5 hanya dalam waktu 13 hari ... aku juga pngen nyoba tapi masih ragu bakalan kuat apa nggak .
dindadesi said…
Permisi Numpang Promo
Refiza Souvenir menyediakan paket undangan pernikahan cantik nan elegan, paket yasin untuk souvenir acara pengajian tahlilan dan berbagai macam souvenir tasbih cantik dan elegan untuk oleh-oleh haji dan umroh. cek katalog kami di www.refiza.com
yantie hida said…
Saya udah diet mayo dapat 5 hari ini...saat saya timbang kok berat badan saya gak turun yah....padahal saya sangat patuh ma diet nya....
sherly prastica said…
Aku beberapa bulan yg lalu ikutan diet mayo. Gak masak sendiri sih, tp pake katering. Hasilnya? Bs turun 4kg dlm 13 hari.

cerita lengkap ada di blog ku loh. Main main yukkkk kalo senggang ke tulisandarihatikecilku.blogspot.com
Vix alexa said…
boleh di coba juga nih, harus bener di atur menu makan nya gak boleh nafsu makanan sana sini :D

Nonton film gratis
tovan said…
73,60 menjadi 69,30 dalam waktu 6hari
Mervisiano said…
Wih mantap, semoga perjuangan sis diet mayo berhasil dan semakin sehat untuk mencapai berat badan ideal ya sis.

Bila sista, ingin mengikuti program diet mayo dengan mudah dan terjangkay bisa mencoba paket healthy eating catering di Kenko Catering.

Kami melayani berbagai wilayah di bintaro, pondok pinang, pondok indah, kebayoran, fatmawati, sudirman, dan masih banyak lagi

Kontak langsung di https://kenkocatering.com/
pilbiru id said…
boleh nhe d coba menunya
klg
fatma farma
antara kuat dan engga ya ka :( mau rekomendasiin nih hostel terbaik dan strategis di bandung HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER
widia pratiwi said…
Kak mau tanya, kalo udah berjalan diet nya nyampe hari ke 4. Tapi aku baru sadar kalo makan malamnya itu harus sebelum jam 6. Itu gimana ya. Mending ngulang dari hari pertama lagi atau engga ya. Mohon sarannya.
Kelly Wood said…
Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada mereka yang membutuhkan bantuan keuangan segera, dan mereka yang telah ditolak mendapat kredit dari bank karena rendahnya skor kredit, pinjaman usaha, Pinjaman Pendidikan, pinjaman mobil, pinjaman rumah, pinjaman Perusahaan (dll), atau untuk membayar hutang atau tagihan buruk mereka, atau siapa yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, Perusahaan Pinjaman yang dapat diandalkan Ibu. Kelly memberikan pinjaman dengan tingkat bunga sangat rendah sebesar 2% telah mengakhiri semua masalah keuangan Anda untuk sekali dan selamanya, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Ibu. Kelly
KELLYWOODLOANFIRMLTD
Kellywoodloanfirm@gmail.com
Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.
Mia fitriani said…
Nama saya Mia Fitriani adalah warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 4 kreditur internasional yang berbeda di internet, semua berjanji untuk memberi saya pinjaman dan semua gagal, saya kehilangan uang hasil jerih payah saya. Suatu hari, saat browsing melalui internet tidak berdaya, saya menemukan kesaksian seorang wanita bernama INDRIATY MANIRJO, yang juga dibodohi oleh kreditur pinjaman palsu, namun akhirnya dikaitkan dengan perusahaan pinjaman legit bernama MAGRET SPENCER LOAN COMPANY dimana dia akhirnya mendapatkan pinjamannya. , Jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya telah dibodohi oleh 4 kreditur yang berbeda.

Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya untuk memberi saya pinjaman kepada perusahaan tersebut dan juga mengatakan kepada saya bahwa telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Saya mengisi formulir permohonan pinjaman dan melanjutkan semua permintaan dari saya dan kepada Tuhan menjadi kemuliaan saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp50.000.000 dari perusahaan besar ini (magretspencerloancompany@gmail.com),

Dikelola oleh Nyonya Magret Spencer, jadi saya sangat senang hari ini karena MAGRET SPENCER LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya.

Jadi saya berkata pada diri sendiri bahwa saya akan membagikan karya bagus dari Mrs. MAGRET SPENCER. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi perusahaan Email di atas dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dengan 24 jam dan ini adalah Email saya {miafitriani133@gmail.com}.
Are you tired of seeking loans and Mortgages,have you been turned down constantly By your banks and other financial institutions,We offer any form of loan to individuals and corporate bodies at low interest rate.If you are interested in taking a loan,feel free to contact us today,we promise to offer you the best services ever.Just give us a try,because a trial will convince you.What are your Financial needs?Do you need a business loan?Do you need a personal loan?Do you want to buy a car?Do you want to refinance?Do you need a mortgage loan?Do you need a huge capital to start off your business proposal or expansion? Have you lost hope and you think there is no way out, and your financial burdens still persists? Contact us (gaincreditloan1@gmail.com)

Your Name:...............
Your Country:...............
Your Occupation:...............
Loan Amount Needed:...............
Loan Duration...............
Monthly Income:...............
Your Telephone Number:.....................
Business Plan/Use Of Your Loan:...............
Contact Us At : gaincreditloan1@gmail.com
Phone number :+44-75967-81743 (WhatsApp Only)
Kelly Wood said…
Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada mereka yang membutuhkan bantuan keuangan segera, dan mereka yang telah ditolak mendapat kredit dari bank karena rendahnya skor kredit, pinjaman usaha, Pinjaman Pendidikan, pinjaman mobil, pinjaman rumah, pinjaman Perusahaan (dll), atau untuk membayar hutang atau tagihan buruk mereka, atau siapa yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, Perusahaan Pinjaman Nyata yang dapat diandalkan untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga sangat rendah sebesar 2% telah mengakhiri semua masalah keuangan Anda untuk sekali dan selamanya, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami. Melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
Terima kasih
Terima kasih dan Tuhan memberkati
Nyonya kelly
KELLYWOODLOANFIRMLTD
Kellywoodloanfirm@gmail.com
Halo sayang

"Terapkan untuk pinjaman cepat dan terjangkau di Global Yayasan Dana
.
Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau telah pada gilirannya oleh bank Anda sebelum ini adalah kesempatan Anda mencari tawaran semua jenis pinjaman dan kredit komersial, kredit mobil, pinjaman usaha, modal ventura, pinjaman untuk perumahan atau pinjaman pilihan Anda pada tingkat bunga rendah orang yang tertarik harus menghubungi kami di alamat email ini: globalfundfoundation9@gmail. com
BBM: D8633B93
Angga Annisa said…
Saya ((Angga Annisa)) seorang dermawan dari ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM Saya mengalami trauma ketika saya berulang kali melakukan scammed oleh perusahaan pinjaman online dan krisis keuangan saya semakin dalam ketika saya dilempar keluar dari apartemen yang saya sewa. Saya tidak punya pilihan selain mencari untuk pinjaman baik online maupun Bank tapi tidak berbuah saya mencoba mencari cara lain untuk melihat apakah saya bisa diselamatkan dari gejolak keuangan saya tapi tidak ada hasilnya sampai teman saya di BATAM mengenalkan saya kepada Ibu Iskandar via e : ((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)) pada awalnya saya meragukannya karena ini juga perusahaan online tapi saya diberi tahu untuk memasang trier yang saya lakukan beberapa jam setelah aplikasi dan pemrosesan pinjaman saya saya terkejut ketika pinjaman saya disetujui bahkan tanpa saya membawa jaminan keamanan dan juga pinjaman dihitung dengan tingkat bunga yang sangat rendah. Dorongan ibu membuat saya terus berjalan dan saya dapat membuktikannya segera setelah pinjaman saya dipindahkan ke rekening Bank saya melalui transfer e-banking. jaringan ch annel jadi saya sangat senang rencana pertamaku dieksekusi karena saya harus mendirikan bisnis sebuah supermarket installaments bulanan saya benar-benar mematuhi semua terima kasih kepada ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM tolong hubungkan juga ke ibu melalui BBM INVITE-nya: {D8980E0B} dan juga Jika Anda ingin mendapatkan konfirmasi dari saya, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui e saya: (anggaannisa1979@gmail.com)) pengalaman saya bersama Ibu Iskandar memang sukses karena saya sekarang memesan barang dari MALAYSIA supermarket saya sekarang booming ALLAH sangat bagus jangan ragu untuk menghubungi pemberi pinjaman ISKANDAR mereka bukan hanya perusahaan pinjaman online tapi sangat membebani orang-orang Asia dan AFRIKA sama seperti mereka memiliki banyak klien di INDONESIA sehingga Anda tidak perlu takut lagi tentang saya sekarang adalah bisnis yang kaya. wanita "" MASHALLAH ""
Susan bowman said…
KABAR BAIK! KABAR BAIK!

Untuk mengenalkan diri dengan benar,
Ibu saya SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

Saya adalah pemberi pinjaman swasta, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:
Susanbowmanloancompany@gmail.com
dan Anda juga bisa menghubungi kami melalui whatsApp dengan nomor ini
+1518 601 1973

Popular Posts