Barbie this arvo?

Seperti itulah kira-kira kalau teman Aussie anda mengajak barbekyuan nanti sore. Seperti orang Indonesia, Aussie juga suka membuat singkatan: barbekyu menjadi barbie, afternoon menjadi arvo.

Akhiran -ie atau -y sering sekali digunakan untuk menyingkat. Mereka sendiri menyebut dirinya Aussie. Setiap pagi mereka makan brekky sambil ngobrolin tentang footy (australian rules football). Terus anak-anak kecil pergi ke kindie sementara anak yang sudah besar (atau malah Bapaknya) berangkat ke uni.

Supermarket besar di sini nama resminya Woolworth, tapi orang-orang menyebutnya Woolie. Di sini anda bisa beli vegies, tapi tidak bisa membeli cossy (swimming costume).

Ada lelucon di sini yang mengatakan agama mereka adalah mengambil sickie pada hari Senin. Sickie adalah waktu cuti/bolos kerja karena sakit atau pura-pura sakit. Sickie di hari Senin memang banyak pengikutnya, untuk memperpanjang akhir pekan. Bahkan setelah libur panjang Chrissie pun mereka banyak yang ngambil sickie.

Selain -ie, mereka juga suka menyebut dua suku kata pertama saja untuk kata yang panjang, misalnya avocados menjadi avos, utility vehicle menjadi ute. Ketika anda melihat keindahan pantai atau pelabuhan di sini, cukup ucapkan oh, beaut!

A.K.

Comments

Donna Nadira said…
haha kocak deh :D
Laura Khalida said…
ya, inget thn 94 dlu ikut homestay di Aussie, breakfastny diblg breaky time.. trus inget bbqny juga di Bunya Park. whuaa kapan ksna lg ya
indah zetha said…
Wekeke... Ada2 aja...
Klo smua kata disingkat, mumet juga ya?

Untung aja ga dibalik mbacanya kaya kera ngalam...
Wah... Dijamin tambah puyeng... Hehehe...
ade kumalasari said…
hehehe, agak lama baru 'ngeh' dengan bahasa mereka
ade kumalasari said…
mampir ya...
ade kumalasari said…
kalau ngomong ama kera ngalam atau jape methe harus mikir dulu...

Popular Posts