Ngangkring di Mc Donald

Pengen makan di luar dengan dana pas-pas an? Datanglah ke Mc Donald.

Di Indonesia, hanya orang yang berduit yang sanggup makan di Mc D. Rasanya keren bisa makan di restoran cepat saji itu. Tapi di sini, Mc D adalah restoran dengan harga makanan paling murah, yah, mungkin pamornya sejajar dengan angkringan di Jogja.

Sepotong cheeseburger harganya 'hanya' $1.95, bisa dibeli dengan uang receh. Happy Meal favorit Anindya bisa dibeli seharga $4.25. Menu lengkap: burger, kentang goreng bertabur garam dan coke harganya di bawah $5. Soft Ice Cream-nya yang terkenal itu, hanya 80 sen.

Memangnya berapa sih harga makanan yang lain? Di sini, makanan harganya rata-rata $6 - 7. Misalnya doner kebab, sepotong pizza, masakan cina (satu porsi nasi dengan 2 macam lauk), 1/4 ayam barbecue, sepiring salad, sepotong sandwich, atau burger beneran (artinya burger lain selain Mc D). Itu belum dengan minumnya loh. Sebotol air mineral 600 mL harganya $2, lebih mahal dari seliter bensin yang hanya $1,2. Tapi apa iya mau minum bensin? Kalau nggak mau sakit hati membeli air mineral seharga segitu, harus siap-siap air sendiri dari rumah, atau membeli teh kotak seharga $1.10 di toko Indo. Yang ini lebih segerrrr.

Saking murahnya harga makanan di Mc D, saya sampai penasaran, apa yang disajikan itu makanan beneran. Memang sih, burgernya sama saja dengan burger yang dijual di Indo. Dagingnya sama tipisnya. Nyaris nggak ada sayuran, hanya sepotong acar mentimun, selembar keju tipis dan sedikit saus tomat. Tentu saja nggak sehat sama sekali. Kenyangnya pun hanya sebentar. Beda sekali dengan burger beneran yang dijual di warung lain. Ketebalan dagingnya lebih serius, sekitar 1 cm. Juga dilengkapi dengan sayuran segar seperti bawang bombay, selada, tomat, mentimun dan daun-daun lain yang saya tidak tahu namanya. Kejunya juga keju cheddar yang tidak gampang meleleh.

Di Mc D sendiri ada menu yang mirip burger beneran ini, tapi lebih kecil, namanya Lean Beef Burger. Ini burger favorit saya, yah, bisa dibilang sedikit lebih sehat lah. Karena kalau makan cheeseburger standar, saya belum kenyang. Nggak asyiknya di Mc D sini, nggak ada menu nasi atau ayam. Juga nggak bisa ambil saos tomat sendiri, harus request dulu. Yang lebih parah, saos sambal harus bawa sendiri dari rumah.

A.K.

Comments

kalo bule makan di angkringan jogja apa gengsinya kayak org indo makan di Mc D yaa, hehe...
Dina Mama 2F said…
Trus knp Mc D di Indo jadi resto utk kalangan berduit ya mbak???Di kotaku aja blm ada Mc D, yang ada baru Pizza Hut, KFC,CFC.. hikss Jadi kalo mo Mc D hrs ke Malang or Surabaya dulu
ervin sunardy said…
mcD? terakhirk kali makan di jogja, biasa aja sih, masih suka A&W, hehe
tetapi skrg kudu dikurangi, dimarahin dokter...
junk food nih
kolesterol n asam urat naik terusss
ade kumalasari said…
hahaha, begitulah kira-kira
ade kumalasari said…
kalau belum ada Mc D nya belum kota namanya, hehehe
di Indo nih salah kaprah, pokoknya yang dari luar negeri itu keren. padahal aslinya makanan pinggiran enggak sehat.
ade kumalasari said…
A&W? uhm, aku penggemar rootbeer nya.
ervin sunardy said…
rootbeer? banget banget bangetttttttttttttttttt
ori widianto said…
Hmmm setuju...burger McD emang kurang mantap..kalah jauh jika dibandingin Burger King, padahal harganya cuma beda sedikit. Lagipula McD Indonesia menunya sudah terlalu banyak di modifikasi..selain ada paket panas (yang paling laku), ada bubur ayam segala hehehheeh...bisa jadi ntar ada menu nasi liwet atau gudeg ala McD :))

Ya mirip dengan kasus Starbucks kali ya...begitu masuk ke Indonesia langsung jadi warung kopi kelas atas, padahal di negara asalnya justru jadi warung kopi tempat nongkrong supir truk :)
Imazahra Chairi said…
Hehehehe, sama banget ma pengalamanku niy Mba :-D
Yunisa - said…
Di US... McD digosipkan memakai daging antah berantah hehe
ade kumalasari said…
oh ya? baru tahu saya. I love starbuck.
ade kumalasari said…
suka ngangkring juga? atau suka makan di Mc D? hehehe
ade kumalasari said…
di Aussie juga sempet gitu. makanya mereka gila2an iklan, terus bikin menu sehat, seperti lean beef burger fav saya itu.
eyalah..mbok aku dodol sego jangan wae mbrono mbak..mbak..
indah zetha said…
Masih enak pempek palembang ma nasi pecel... Hihihi...
ade kumalasari said…
yo ayo mrene, engko dodolan cedak stasiun.
ade kumalasari said…
oh, pempek, bikin laper. di sini ada yang jual, pempek kapal selam sebijinya $5.
henny rupita said…
Wow.. Wow.. Wow! Baru tau cerita seru dibalik ingar-bingar 'keren'nya mc d &strbcks! Waddoh! *ordus, pls wellcm*
henny rupita said…
He-em, dan saya setujus bangets soal: pempek!
indah zetha said…
Bobobo... Mahal juga yak?
Brarti pempek emang te o pe... ;p

Nurmala T said…
wah payah, masak sambal bawa sendiri dari rumah?
ade kumalasari said…
hehe, ternyata tidak sekeren namanya ya...
ade kumalasari said…
submarine pempek, keren tuh namanya.
ade kumalasari said…
soalnya bahannya di sini juga mahal, ikan apaaa gitu.
ade kumalasari said…
bule2 gak ada yang doyan sambal. di sini yang populer cuma sweet chilli ala Thailand. gak ada pedasnya sama sekali. lha namanya aja sweet...
Leila Niwanda said…
Berarti McD termasuk bijak juga dengan menambahkan menu khas selera tiap negara... sayang tidak mengakomodir yang tinggal di negara lain ya. Coba bikin petisi rame-rame deh Mbak, biar manajemen tahu kalau pasar untuk nasi ini di Oz lumayan juga :D.
ade kumalasari said…
sebenarnya banyak loh manajer mc D sini yang dari Indo. cuman mungkin beda pasar ya... kalau yang mau makan nasi larinya ke warung chinese, thai atau indian food.
Ady Wicaksono said…
enakan mbok mo :)

Popular Posts