Azan, Kolak dan Keju Goreng

Hari pertama puasa berjalan dengan mulus, nyaris tanpa gangguan (kecuali angin yang bertiup sangat kencang). Menjelang buka puasa, Nino dan aku bingung, mau memutuskan buka jam berapa. Ikut jam di hape Nino (yg lebih lambat) atau ikut jam di hapeku yang lebih cepat. Kami juga punya 3 jadwal buka puasa yang berbeda, poster dan leaflet yang didapat dari Nino Jumatan di kampus. Yah, cuman selisih 4 menitan sih, cuman kurang mantap aja.


Nunggu bedug magrib? Bedug magrib dari Hongkong kale? Masjid terdekat dari sini jaraknya 30 menit pake mobil (nggak deket lagi dong...). Akhirnya aku nyetel radio muslim di Sydney... lewat internet (soalnya kami juga nggak punya pesawat radio, hiks). Argh, akhirnya denger suara azan juga...


Buka puasa kali ini, aku bikin kolak. Nino nggak suka kolak, tapi tetep aja aku bikin, sudah tradisi! Pengennya sih pakai pisang, nangka dan ubi. Tapi, apa daya, pisang di sini harganya $13 sekilo. Gilak kan? Nangka, kira2 segitu juga. Ada sih yang kalengan, sekitar $3, tapi yaa, tetep eman-eman juga. Sudah harus bersyukur dengan kolak ubi doang, hehehe.


Untuk cemilannya, pengennya sih bikin pisang goreng. Tapi, karena harga pisangnya lebih mahal daripada harga keju, jadinya aku bikin keju goreng. Hehehe, lumayan enak loh.


Siang ini ada temen yang nanyak, "Gimana caranya bikin kolak?"


Aku jawab becandaaan, "Pakai aja bumbu jadi."


Dia jawab, "Oh, ada ya bumbu jadi nya? Kalau gitu sih aku juga bisa..."


Haduh, masak sih santan ama gula kelapa doang mesti pakai bumbu jadi? Ketergantungan sama bumbu jadi neh di sini, hehehe.


A.K.

Comments

XXXX YYYY said…
hehehheh nggak papa mbak biar praktis dong
^Windu Radityo^ said…
$13 buat pisang ? disini bisa bikin berapa porsi ya mama kuw ... hahahahaahaha

puasa memang tidak lengkap tanpa kehadiranmu ... oh, kolak!
tiwiw tea said…
wah...kolak...dirumah tiwiw sukanya kolak yang udah dipanasih 3-4 kali....wekekekek...jadi pisangnya udah lonyot.....tinggal seruput!
Nadiah Alwi said…
:D mahal banget yak...pisang...
M Aqsha said…
wahh..pisangnya mahal banget..sekilo itu berapa sisir ya..setengah sisir?
ade kumalasari said…
fyi, pisang mahal gara2 taon kemarin ladang pisang di victoria (atau quensland? whatever!) terbakar. jadinya produksi pisang menurun drastis, dan... pemerintah ostrali kagak mau impor pisang. mereka pengennya makan pisangnya sendiri meskipun muahal pol.
Ow yah, pisang di Aussie pisang jenis apa? Kalo di sini kan ada pisang Susu, pisang Ambon, pisang Kapok, pisang Tanduk, dll. Nah kalo yang resepnya mbak Ade ini bisa buat segala jenis pisang kah? TenkQyu
icanx kecil said…
Pake pisang susu kaleeee, kalo pisang laen g bisa. :D
ade kumalasari said…
paling enak sih pisang raja atau pisang kepok. jenis pisang di aussie? aku gak tahu, udah grogi duluan lihat harganya, hiks.
icanx kecil said…
Disini g ada pisang Raja yang ada prajuritnya doang. Boleh nanya g? pisang kepok tuh pisang apa ya? :D.

Popular Posts