JOGJA Yang Mengguncang Hati Kita


Sabtu pagi, pukul 6 kurang sepuluh menit, aku ada dalam perjalanan dari rumah tante di perum ITS menuju Juanda. Nino, Om Hita dan aku yang ada di mobil tidak merasakan apa-apa ketika itu.


Sekitar pukul delapan, ketika aku sudah sampai di Malang, Nino menelpon, katanya ada gempa yang mengguncang Jogja. "Lihat Metro TV dan segera hubungi keluarga di Jogja!" 


My God, breaking news di Metro menyebutkan gempa mencapai 5.8 skala richter dan Kawasan Bantul Rata dengan Tanah.


Aku nyoba nelpon Dila, adikku. Susah banget nyambung. Ketika nyambung, Dila ngomong buru-buru, panik, dengan suara bergetar. "Mbak, kami sekeluarga ngungsi ke Muntilan. Rumah salam nggak papa. Tapi jalannya ramai banget, semua orang panik. Katanya ada tsunami.. Doain ya, Mbak."


Terputus lagi. Aku baru bisa menghubungi Dila lagi sore harinya. Ternyata waktu gempa, Dila masih ada di kosnya, deket UGM. Dia dengar gosip ada tsunami dan langsung "melarikan motornya" pulang ke Salam (20 km utara Jogja). Jalan-jalan ramai dan semua orang panik. "Lari ke utara, ke utara," begitu orang-orang berseru. Traffic light mati dan orang-orang mengabaikan polisi yang berusaha menenangkan dan memberi tahu kalau tsunami hanya isu. No wonder kalau suara Dila hampir nangis waktu kutelpon pagi tadi.


Menjelang malam, kami baru dapat kabar dari temen2 di Jogja. Alhamdulillah, semua baik-baik saja. Ada beberapa rumah teman yang roboh, ada yang rumahnya 'cuma' bergoyang dan melorot gentengnya. Semoga keadaan tidak bertambah parah dan bantuan cepet tersalurkan. Yang bisa kulakukan dari sini hanya mengirim doa dan bantuan (yang tidak seberapa). Duh, andai saja aku lebih makmur, bisa membantu lebih banyak.


Hari Senin, Dila bersama temen2 dari SMA 3 menyalurkan sendiri bantuan mereka ke Imogiri dan bercerita betapa kota Jogja yang kami cintai ini jadi amburadul. Dila sempat berpapasan dengan SBY yang lagi tepe-tepe katanya. (hem, I dont think he really need ngantor di sana).


Untuk akses informasi tentang jogja, penyaluran bantuan dan apa yang dibutuhkan korban gempa, please check: helpjogja.net


A.K.

Comments

Popular Posts