The Second Summer of The Sisterhood

Rating:★★
Category:Books
Genre: Teens
Author:Ann Brashares
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman: 409 (dan hurufnya kecil-kecil)
Tahun pertama terbit: 2004

Ini juga termasuk novel yang ‘terpaksa’ kubeli karena aku butuh kupon untuk ikutan lomba. Pengin tahu juga sih, kalau novel teenlit buatan luar negeri itu kayak apa. Ternyata yah, biasa-biasa saja. In other word, novel buatan kita enggak kalah loh sama buatan Amrik sana.

Novel ini sekuel dari The Summer of The Sisterhood, atau dalam terjemahan bahasa Indonesianya Celana Persaudaraan Musim Panas. Kisahnya memang tentang sepotong celana jeans yang enggak sengaja dibeli oleh Carmen. Ternyata celana itu pas dipakai oleh keempat cewek dalam geng itu: Bridget, Tibby, Lena dan tentu saja Carmen. Nggak cuman pas, celana itu juga membuat pemakainya merasa percaya diri. Lalu dimulailah cerita perjalanan pemakaian celana itu secara bergiliran ketika mereka berempat liburan musim panas. Masing-masing anak punya masalah mereka sendiri. Bridget yang pergi ke Alabama untuk menyelidiki ibunya yang mati bunuh diri, Carmen yang tidak ingin ibunya pacaran lagi, Tibby yang ikut sekolah perfilman dan dapet teman-teman baru dan Lena yang patah hati gara-gara ditinggal sama kekasihnya yang orang Yunani.

Struktur cerita dalam novel ini sangat terencana dan tertata. Mungkin karena penulisnya emang udah ‘berumur’ ya, dan memang dipersiapkan dengan baik. Sebenarnya ceritanya lumayan menarik, tapi terlalu Amerika, jadinya kurang mengena untuk remaja di sini. Terus, aku kok merasa kalau penulis terlalu memaksakan pesan-pesan yang ingin disampaikan. Hem, emang ‘orang tua’ sering gatel banget untuk menasehati dan memberi santapan bergizi ya? Hehehe. Tapi mbok ya secara halus aja, supaya yang diberi nasehat enggak merasa dinasehati, tapi menemukan pesan itu sendiri.

A.K.

Fyi, novel ini juga diangkat ke layar lebar. Aku lihat VCD-nya di TB Gramedia. Tapi, harganya 35 ribu, ehm, entar dulu deh!


Comments

Popular Posts